Friday, October 26, 2012

Jadikan Desa Anda Kawasan Resort dan Rumah Pangan Lestari

Manfaat Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) sangat  dirasakan masyarakat di Provinsi Maluku Utara. Buktinya, setiap bulan mereka mampu menghemat pengeluaran hingga Rp 1,5 Juta. Hal ini terungkap saat Menteri Pertanian Suswono melakukan kunjungan kerja ke provinsi Maluku Utara (4/9).

Menurut Mentan, KRPL merupakan program yang sederhana namun manfaatnya sangat nyata dirasakan oleh masyarakat.  “KRPL ini sangat besar manfaatnya. Untuk di sini saja, kalau dulu masyarakat setiap hari belanja Rp 100 ribu, sekarang berkurang menjadi Rp 50 ribu,” katanya.

Mentan Suswono mnambahkan, jika masyarakat disiplin menanam dan merawat sayuran di pekarangan rumahnya, maka program KRPL bisa langsung dirasakan manfaatnya selain itu program ini bisa juga diterapkan di lahan pekarangan yang sempit sehingga setiap rumah tangga bisa menerapkannya.  “Kalau sampai harga cabe naik, kemudian Ibu –ibu pada demo, berarti karena malas menanam. Sebab saya lihat, tanah di sini sangat subur, lahan pekarangannya juga ada, tinggal ditanami saja pasti bisa tumbuh,” katanya.

Model KRPL merupakan salah satu solusi ketahanan pangan berbasis rumah tangga yang perlu terus dikembangkan keberadaannya. Saat ini pemerintah telah membuat kebijakan bahwa setiap kabupaten harus ada satu desa model. “Pemerintah sudah mewajibkan bahwa setiap kabupaten harus memiliki 1 desa model. Diharapkan tahun 2013 nanti, sudah ada replikasi 5000-an desa model,” kata Suswono.

Lebih lanjut dikatakan Mentan, M- KRPL juga sudah diterapkan di kawasan perkotaan yang tidak memiliki lahan. Dimana masyarakat perkotaan bisa memanfaatkan pola vertikultur, sehingga tanaman-tanaman untuk kebutuhan harian, sayur mayur, apakah itu cabe, tomat, terong, termasuk umbi-umbian tidak lagi harus membeli ke pasaran tetapi bisa langsung diambil dari kebun sendiri. “Agar manfaatnya bisa lebih terasa, M KRPL bisa diintegrasikan dengan memelihara ikan, ayam, dan kelinci sehingga selain manfaat sayur mayur, masyarakat juga mendapatkan protein dari hewan yang dipelihara tersebut,” katanya.
loading...
Share This

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Contact Form

Name

Email *

Message *